Pekerjaan ODP di Bank

September 12th, 2012 Karir 5 Comments

Posisi dan tugas ODP (Officer Development Program) adalah hampir sama halnya dengan posisi Management Trainee pada perusahaan lain (non perbankan). Pekerjaan ODP, adalah untuk karyawan yang berada pada level officer, dimana anda tidak “harus” berhadapan langsung dengan proses kerja secara langsung.

Dalam tata struktur perbankan di Indonesia, beberapa bank swasta, lulusan ODP akan menjabat sebaga manager. Namun, yang saya lihat, di bank BUMN, justru mereka masih berhadapan langsung dengan customer. Namun, struktur organisasi dalam perusahaan kan boleh berbeda sesuai dengan visi dan misi perusahaan masing masing.

Bekerja di Bank, berarti anda bekerja di perusahaan yang memiliki hak dan kewajiban atas data keuangan orang lain (red. nasabah). Hal ini memungkinkan perbankan untuk menjadi salah satu target bagi para pencari kerja, terutama di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa ketika anda bekerja di Bank, kerahasiaan data nasabah menjadi sangat penting. Percaya atau tidak, rekan saya pernah dituntut 1 Milyar karena meng-”expose” data nasabah. Jadi berhati hatilah karena itu uang orang lain.

Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun jam kerja di Bank sangat padat, namun anda akan mendapatkan imbalan yang layak atas itu. Seperti halnya ini: “Mau Langsing? Ya Diet. Mau Sehat? Ya Jaga Rutinitas & Exercise, Mau Kaya? Ya Kerja Keras!”. Well, apa yang kita lakukan akan mendapatkan balasan dan imbalan yang setimpal.

Jika anda sudah siap, dan anda merasa memiliki skill dan “background” (karena kenyataannya, di Indonesia ini masih diperhatikan) yang memadai, anda bisa mencoba untuk melamar kerja di Bank Indonesia. Bank Indonesia adalah salah satu daya tarik tempat untuk bekerja bagi kalangan perbankan. Untuk bank bank lain, bisa anda coba melamar pekerjaan di BNI, BCA, Mandiri, Bank Permata, BRI, dll. (Yang barusan saya urutkan sesuai gaji lho.. menurut saya.. heheh)

Selamat mencoba..

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   
  • http://twitter.com/ThesaPutriJ Pasithesa Putri J.

    Kenapa tiba-tiba Bank Indonesia dicantumkan dalam kategori contoh tempat tujuan kerja? Bank Indonesia itu bukan bank komersial. Bank Indonesia adalah bank sentral (otoritas moneter) yang tidak menerima dana dari masyarakat. Bank sentral itu sebagai lender of the last resort bagi bank bank umum seperti BNI, Mandiri, Permata, BRI, dan sebagainya apabila bank-bank umum tersebut mengalami kesulitan likuiditas. Perekrutan karyawan di Bank Indonesia juga berbeda dengan bank umum. Tidak ada istilah “ODP”, “ADP”, dan sebagainnya dalam perekrutan karyawan Bank Indonesia, karena Bank Indonesia menggunakan PCPM ataupun MLE dalam melakukan perekrutan karyawan.

    • andhiermawan

      Hi Pasithesa Putri,
      Sebelumnya maaf kalau ada salah kata, namun apabila anda mengenal PCPM, maka job tersebut hampir seperti ODP pada bank umum. Bank Indonesia memang bukan bank komersil, tetapi memang menjadi salah satu tempat tujuan kerja menarik di Indonesia. Apabila anda adalah salah satu karyawan di tempat tersebut, tentunya anda menyadari pertanyaan berikut:

      Anda pilih mana di Bank Indonesia atau BNI/BRI/dll.?

      Jadi maaf kalau saya tetap memilih Bank Indonesia sebagai salah satu tempat yang menarik untuk bekerja..

      salam kenal,
      Andhie.