Manfaat Cuka Apel

June 8th, 2012 Kesehatan 1 Comment

Cuka apel adalah salah satu pengobatan alternatif yang paling populer kesehatan digunakan saat ini. Cuka apel telah digunakan sejak zaman dulu sebagai obat untuk berbagai penyakit yang berbeda. Hippocrates yang terkandung dalam cuka apel dikenal sebagai antibiotik.

Manfaat Cuka Apel

Cuka Apel

Sebagian besar manfaat kesehatan dari cuka sari apel masih belum dikonfirmasi secara ilmiah oleh para ahli, memang tidak ada penelitian khusus tentang salah satu manfaat kesehatan yang tercantum di bawah ini. Namun, beberapa manfaat dibawah ini akan me

1. Sebagai toner untuk wajah.

Untuk kecantikan pada wajah anda, dapat dilakukan dengan mengencerkan cuka apel dengan takaran air 50/50, cuka apel bisa digunakan sebagai toner untuk wajah. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat mengoleskan, anda harus berhati hati karena sari cuka apel ini sangat berbahaya untuk mata.

2. Mengurangi efek radioaktif sinar matahari.

Mandi cuka sari apel juga dikenal bisa mengurangi efek terbakar sinar matahari. Anda bisa mengembalikan kulit yang terbakar sinar matahari dengan merendam cuka pada kain dan diterapkan pada kulit yang terbakar.

3. Obat alternatif infeksi ragi.

Banyak wanita telah mencoba cuka sari apel sebagai obat untuk infeksi ragi. Namun, banyak orang lain mengklaim bahwa cuka malah akan atau memperburuk infeksi ragi. Jadi, untuk manfaat ini lebih baik anda bertanya kepada dokter terlebih dahulu. Ada yang mengatakan bahwa itu tergantung pada merek dan kualitas yang digunakan.

4. Menurunkan berat badan.

Beberapa orang beranggapan bahwa manfaat cuka apel salah satunya adalah untuk diet, dan membantu berat badan badan dengan cepat. Banyak orang menggunakannya dan mencampur ke dalam salad atau dengan minum satu sendok makan cuka apel yang telah diencerkan dalam segelas air sekali atau dua kali per hari.

5. Mengobati ketombe pada rambut.

Cuka apel juga terkenal memiliki manfaat sebagai obat alternatif ketombe pada rambut. Zat pada cuka apel menghancurkan jamur Malassezia furfur dan mengembalikan keseimbangan PH kulit kepala. Beberapa orang menyarankan penggunaan campuran 50/50 air dan cuka, menerapkannya pada kulit kepala, dan meninggalkannya untuk kering.

6. Obat alternatif penyakit arthritis.

Cuka apel telah dikenal sebagai obat untuk arthritis. Nasional Arthritis Foundation mengatakan cuka apel belum terbukti secara efektif terhadap radang sendi, namun tidak ada salahnya untuk dicoba.

7. Mengobati penyakit kutil.

Penelitian melaporkan bahwa cuka apel bermanfaat untuk pengobatan kutil. Dengan merendam daerah yang terkena kutil selama 20 menit per hari dalam campuran 50/50 cuka dan air, kutil akan segera hilang.

8. Antibakteri dan antijamur.

Lapisan film yang terbentuk di atas sari cuka, diyakini memiliki sifat anti bakteri dan antijamur, sehingga dapat menjaga kondisi tubuh dari serangan bakteri dan penyakit.

9. Menurunkan tingkat kolesterol.

Kolesterol jahat dalam tubuh dapat distabilkan dengan menggunakan campuran cuka apel.

10. Menjaga stabilitas tekanan darah.

Baik darah tinggi ataupun darah rendah, satu sendok teh cuka apel dalam segelas air tiap hari dapat menstabilkan tekanan darah.

Ada baiknya ketika anda ingin mencoba manfaat cuka apel, anda bertanya kepada dokter terlebih dahulu.

 

Sign up Free Email Newsletter

Stay Updates with this Blog. Get Free email newsletter updates, Enter your Email here:

Don't forget to confirm your email subcription

   
  • Zainab Bujang

    tq. krn informasi yg. dikongsikan.Izinkan jg saya kongsi bersama rkn maya yg. lain